Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-91

Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019.

Hari Sumpah Pemuda didasarkan pada peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 OktoberĀ  tahun 1928, sehingga tahun ini kita memperingati hari sumpah pemuda yang ke-91.
Hari Sumpah Pemuda sangat penting sebagai refleksi peran pemuda saat ini, sejauh mana remaja dan pemuda sekarang bisa mengimplementasikan semangat yang ditunjukkan para pemuda 1928 lalu, yang melebur dan bersatu bersatu melepaskan atribut jongnya masing-masing dan berikrar satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Memaknai Hari Sumpah Pemuda perlu dilakukan secara utuh, tidak hanya mengulangi deklarasi saja, agar kita bisa menerapkan nilai Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian.

Pada tahun 2019 ini, peringatan Hari Sumpah Pemuda bertema “Bersatu Kita Maju” lengkap dengan tagline #BersatuKitaMaju.

Merupakan simbol bersatunya semua elemen pemuda bangsa Indonesia dalam mewujudkan visi kepemimpinan Nasional Bangsa yakni SDM Unggul Indonesia Maju, tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Adapun makna dari Logo Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019:

Logo yang berbentuk atau menyerupai Monumen Pemuda dengan Kepalan Tangan Jempol yang membentuk angka 91.

  1. Monumen: Dimaksudkan bahwa pemuda senantiasa menjadi agen perubahan dan pergerakannya selalu monumental.
  2. Ilustrasi Kepalan Tangan Jempol: Dimaksudkan sebagai pemuda selalu bersemangat dan terdepan sebagai pelopor pembaharu.
  3. Ilustrasi Angka 91: Dimaksudkan bahwa Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 merupakan yang ke 91 tahun.
  4. Warna merah-hijau-biru-kuning: Dimaksudkan bahwa kita mengakui keberagaman dengan tetap menjunjung tinggi persatuan karena jika warna tersebut berbaur menjadi satu akan menghasilkan warna putih yang bermakna suci dan baik.
  5. Tulisan SUMPAH PEMUDA Berwarna Merah Putih: Dimaksudkan bahwa Sumpah Pemuda menjadi pondasi yang kuat dan kokoh untuk ikrar suci satu nusa satu bangsa & satu bahasa, INDONESIA, dikuatkan dengan tema bersatu kita maju.

Sumber : Kemenpora.go.id

 

Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Mari kita bersatu untuk melangkah maju dan mewujudkan cita-cita nasional.

#HariSumpahPemuda2019

#BersatuKitaMaju