Study Komparasi Bagian Pengadaan Barang / Jasa Setda Kabupaten Tabanan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Kutai Barat

Study Komparatif Kutai Barat
Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang melaksanakan proses pengadaan barang/jasa serta untuk meningkatkan pelayanan kepada perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan serta kepada pelaku usaha yang menjadi mitra kerja dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Tabanan mengadakan Study Komparasi ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Kutai Barat selama 4 hari dari tanggal 16 sampai dengan tanggal 19 Januari 2020.
Setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih 15 jam, rombongan diterima dengan hangat oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Barat Bapak Drs. Yacob Tullur, MM. beserta jajaran. Pertanyaan, jawaban diselingi tawa mewarnai komparasi Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Tabanan dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Kutai Barat.
 Banyak hal yang merupakan keunggulan dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Kutai Barat yang ingin dipelajari untuk diterapkan oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Tabanan, antara lain :
  1. Perencanaan pengadaan barang dan jasa secara aktif melaksanakan pendampingan perencanaan pengadaan barang dan jasa;
  2. Pengelolaan website-nya. Website PBJ Kabupaten Kutai Barat menampilkan berita pengadaan barang/jasa secara berkala;
  3. Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Pembinaan SDM dilakukan terhadap semua stake holder pengadaan barang/jasa, mulai dari staf PBJ sampai penyedia dan pelaku usaha;
  4. Tata cara perekrutan personil PBJ.
Dengan study komparasi, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Tabanan dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Kutai Barat mendapatkan banyak hal dari sharing informasi kedua belah pihak yang dipastikan akan memberikan dampak bagi kualitas pelayanan bagi masyarakat karena pengadaan barang dan jasa merupakan sektor vital bagi penyelenggaraan pemerintahan yang sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat.

 

Dokumentasi :
Study Komparatif Kutai Barat